• Kiprah Pelukis Dartin Yudha Pada ‘Painting Over My Old Money’

    Written By K2-911FM on 2 Mei 2014 | 23.27


    INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,2/5-2014, 23:27 WIB

                            Pameran seni rupa bertajuk “Painting Over Old Money” mulai malam ini dibuka untuk umum.  Pameran tunggal karya Dartin Yudha berlangsung hingga 9 Mei 2014 di gedung Panti Budaya jalan RA. Kartini 1 Indramayu.  Sejumlah lukisan karya pelukis kelahiran Indramayu 27 Juli 1956 itu bekerja sama dengan IKAPMI D.I. Yogyakarta.

    Pameran lukisan dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan  (Asda II) Drs. H. Wahidin, MM, dihadiri Ketua IKAPMI Doddy Saiful Islam, SH, serta kalangan seniman-budayawan senior Indramayu seperti Asep Ruchiyat, Riva'i Alvin, Agus Supardi, Inan Sagita, Yan Mulyantoro dan Trisula Baedi.  Pameran lukisan ini berkaitan pula dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

    Drs. Syayidin, SR mewakili seniman lukis mengulas sosok Dartin Yudha yang menurutnya tetap eksis menggeluti seni lukis hingga sekarang.  Kiprah Dartin diibaratkan sama dengan usia gedung Panti Budaya.  “Beliau lahir dan berangkat menjadi seniman dimulai dari gedung Panti Budaya.  Sama halnya dengan seniman Indramayu yang kini punya nama besar seperti Iis Dahlia, Eeng Saptahadi dan nama-nama lainnya,” ungkap Syayidin bangga.

    Dartin kecil bersekolah SD dan SMP di Indramayu.  Ia menamatkan pendidikan SMA di Yogyakarta dan mulai serius menekuni seni lukis di Institut Kesenian Jakarta (LPKJ) antara tahun 1978-1982.  Iapun mulai getol menggelar pameran di sejumlah kota.

    Drs. H. Wahidin, MM atas nama Bupati dan Pemkab Indramayu turut memberikan apresiasi terhadap beberapa karya lukisan Dartin Yudha yang dipajang di dalam gedung Panti Budaya.  Dibuktikan dengan ketertarikannya terhadap salah satu lukisan berjudul “Swing” yang dibuat tahun 2014.  Lukisan Dartin ukuran 60 x 60 sentimeter yang dibandrol Rp. 3 juta itu langsung diboyong Wahidin malam itu juga.

    Grand opening ‘Painting Over My Old Money’ dimeriahkan sendra tari “Yatra Ing Jaman Kala Bendu” arahan Wergul W. Darkum.  Hari-hari berikutnya, pameran bakal diisi dengan pujanggaan, pentas sintren, jaran lumping, workshop, bedah buku, wayang kontemporer, tari topeng dan pentas band.  (Jeffry)   
       
    Sendratari karya Wergul W. Darkum pada acara grand opening.  (Photo: Jeffry/K2 FM)

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Unknown

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
Show Facebook Comments
Copyright © 2013. DARTIN YUDHA - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger